Yuden Japan

Rabu, 29 Februari 2012

Uluwatu-nya Gunung Kidul ( Pantai Ngobaran & Pantai Ngrenehan )

Minggu kemarin ( 26 Februari 2012 ) saya bersama adik pergi ke Pantai Ngobaran & Pantai Ngrenehan di Gunung Kidul. Jarak yang kami tempuh dari rumah (Klaten) ke Pantai Ngobaran & Ngrenehan kurang lebih 70 km. Karena saya belum pernah menyusuri wilayah Gunung kidul, maka saya memperkirakan perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam. Kami berangkat dari rumah pukul 08.30 wib.

Rute perjalanan kami dari klaten menuju “Prambanan”. Di pertigaan candi Belok kiri arah “Piyungan/Wonosari”. Selanjutnya akan ada traffic light yang ke kanan menuju Kota Jogja Sedangkan ke Kanan arah “Wonosari”. Dari pertigaan ini kami ambil kiri dan perjalanan didominasi dengan tanjakan yang berliku yang biasa disebut dengan “Tikungan Bokong Semar”. Sebelum kami melanjutkan perjalanan, kami sempatkan mengambil foto kota Jogja dari Bukit Bintang.

Karena di tempat ini tidak boleh parkir pinggir jalan maka kami hanya sebentar saja dan perjalanan kami lanjutkan menuju “Hargodumilah” kemudian “Patuk” dan selanjutnya akan melewati jembatan yang memotong tikungan biasa disebut “Tikungan Irung Petruk”. Perjalanan masih saja didominasi dengan tikungan dan tanjakan dengan pemandangan ladang pertanian penduduk yang sebagian besar berupa palawija ( Jagung, ketela,dll ).

Dari Tikungan Irung Petruk kami mengikuti jalan besar dan sampai di “Sambi pitu” selanjutnya kami melewati “Hutan Tleseh” yang banyak terdapat pohon jati Kemudian akan melewati “Lapangan udara Gading”. Dari sini kita akan menemui pertigaan lurus ke Wonosari sedangkan kami mengambil “kanan arah Playen paliyan” selanjutnya kami menjumpai “PUSIKLAT TNI AD” yang masih digunakan para TNI untuk latihan militer. Kemudian kami melewati lagi sebuah hutan yang biasa disebut “Hutan Sodong” Perjalanan kembali didominasi jalanan berliku. Disekitar hutan ini masih banyak terdapat kera yang bersembunyi di gua-gua yang terdapat di area Hutan. Setelah melewati Hutan Sodong kami menjumpai sebuah pemukiman penduduk yang di sebelah kanan jalan terdapat sendang yang bernama “Telaga Namberan”.

Setelah menikmati telaga dan beristirahat sebentar, kamipun melanjutkan perjalanan menuju “Trowono”. Dari pasar trowono terdapat pertigaan yang belok kiri menuju pantai Baron, Krakal, Kukup & Sundak sedangkan lurus arah Ke Pantai Ngrenehan,Ngobaran & Nguyahan. Dari Pertigaan ini perjalanan yang kami tempuh masih berjarak ± 20 km dengan jalanan yang semakin sempit ditambah tanjakan curam dan berliku. Namun pemandangan bukit kapur dan ladang jagung milik warga membuat perjalanan kami tak begitu membosankan. Akhirnya, setelah penat dan capek menggelayut di badan, kami pun menemui sebuah tempat/gardu retribusi masuk pantai yang tidak dijaga oleh petugas alias GRATISSSS masuk area pantai. Woooww…. Dari gardu pemungutan retribusi kami mengambil lurus untuk menuju pantai Ngobaran terlebih dulu sebelum pantai Ngrenehan. Dan Traaaaaaaata….. Inilah Uluwatu Gunung Kidul.

Akhirnya… Setelah 2 jam perjalanan kami sampai juga di Pantai Ngobaran. Tepat pukul 10.30 wib kami menginjakan kaki di Pantai Ngobaran/ Uluwatunya Gunung Kidul.
Di pantai Ngobaran ini terdapat beberapa patung dewa. Sebelum terjun ke pantai kami pun menuruni anak tangga untuk sekedar berfoto ria di karang dekat laut.

Puas menikmati deburan ombak yang menghantam karang, kami pun menaiki sebuah anak tangga menuju bukit dengan hiasan tanaman pandan di kanan kiri.

Di atas bukit ada sebuah tempat ibadah untuk kepercayaan kejawan dan Kejawen. Namun, karena tempat ini di tutup kami tak bisa masuk dan hanya melihat pemandangan dari atas bukit saja.

Dari atas bukit ini kami bisa memandang laut biru yang sangat indah. Kami pun berfoto ria dari atas bukit ini.

Karena di atas bukit pppuuuuuuuuuuanas banget, akhirnya kami turun menuju pantai pasir putih untuk bermain air. Panas matahari jam 11.30 tak dirasakan kalau sudah menceburkan diri ke laut. Hehe….

Ketika perut sudah keroncongan minta di isi, kami pun segera menyudahi mandi air dan menuju pantai Ngrenehan untuk makan siang, Karena di pantai ngobaran ini tak ada TPInya maka kami menuju Pantai Ngrenehan yang berjarak 2 km untuk makan siang dengan lauk Kepiting saus tiram dan ikan bakar. Di pantai Ngrenehan ini kami hanya makan siang saja tak berfoto-foto karena kebetulan sampai Pantai Ngrenehan jam 12.15 wib. Setelah menikmati makan siang dan beristirahat. Tepat pukul 13.00 wib kami pulang menuju klaten.

Perlu di ketahui, bahwa selama di Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan ini HP kami tak dapat menemukan Sinyal baik Indosat maupun Telkomsel. Waddduuuhhhhh…. Kayak terisolir di pulau terpencil deh…